Cara Menghilangkan Depresi Pikiran
Blog

Cara Menghilangkan Depresi Pikiran Tanpa Obat, Lakukan Tips ini!

Cara Menghilangkan Depresi Pikiran Tanpa Obat, Lakukan Tips ini! – Ketika beban pekerjaan ataupun masalah besar timbul dalam hidup Anda, yang pertama terserang adalah otak atau pikiran. Pastinya otak Anda akan dipenuhi dengan pikiran pikiran negative yang memicu perasaan kacau, gelisah, penuh dengan rasa was was. Depressi berawal dari perasaan murung, gelisah, kesal, dan emosi yang semuanya bercampur aduk menjadi satu dalam 2 minggu atau lebih. Namun, jika perasaan campur aduk ini hanya berlangsung beberapa hari saja, artinya Anda belum masuk pada fase depresi.

Sebab itulah, jika stress ini berlangsung lama akan menjadi depresi. Sebelum berlanjut, Anda harus tahu bagaimana cara menghilangkan depresi pikiran. Yuk simak tips dari saya berikut ini!

7 Cara Menghilangkan Depresi Pikiran

Pertama, Ringankan Beban Pikiran dengan Berbagi Cerita pada Orang yang Anda Percaya

Depresi bisa muncul karena Anda menyimpan beban pikiran tersebut sendirian. Berbagilah dengan teman atau sahabat Anda. Bercerita juga merupakan cara untuk mengeluarkan aura negatif dan energi negatif yang ada akibat depresi. Anda bisa menceritakan beban yang ada dalam pikiran setahap demi setahap. Ceritakan secukupnya saja, bercerita tentang apa yang memang Anda mau ceritakan. Jika ada sesuatu yang masih ingin disimpan, silakan simpan dahulu tak perlu semua Anda sampaikan.



Kedua, Perbanyak Makanan yang Mengandung Selenium Dan Magnesium Tinggi

Tahukah Anda bahwa salah satu cara menghilangkan depresi pikiran adalah dengan Mengonsumi makanan. Karena hal ini dipercaya bisa mengurangi tingkat depresi seseorang. Tentu saja bukan sembarang makanan, melainkan makanan yang mengandung selenium dan magnesium tinggi. Kedua kandungan tersebut punya efek yang berguna untuk menyembuhkan depresi. Jenis makanan yang mengandung selenium antara lain kacang-kacangan, gandum, dan ikan tuna. Sementara makanan yang banyak mengandung magnesium adalah cokelat, biji bunga matahari, kerang, dan biji labu.

Ketiga, Konsumsi Minyak Ikan

Selain bahan makanan yang mengandung selenium dan magnesium, para penderita depresi juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak omega-3. Salah satunya yakni minyak ikan. Sejumlah studi menunjukkan bahwa kekurangan asupan asam lemak dalam jumlah tertentu bisa memicu munculnya depresi. Daging ikan salmon merupakan salah satu penyumbang asam lemak omega-3 yang cukup banyak. Jadi, anda bisa mengurangi stress dengan konsumsi ikan salmon.

Keempat, Konsumsi Kunyit

Bumbu masak yang menghasilkan warna kuning ini menurut hasil penelitian punya manfaat yang tinggi untuk mengurangi gejala depresi. Dalam sebuah study, dikatakan jika kunyit mampu meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Kemampuan kunyit dalam menurunkan kadar depresi ini sama efektifnya dengan obat-obatan fluoxetine atau Prozac. Namun, sudah pasti kunyit lebih unggul karena merupakan bahan alami. Jadi tidak mengandung efek samping dalam tubuh.

Kelima, Lakukan Olahraga Ringan

Melakukan olahraga secara rutin setiap pagi, tidak hanya bisa menyehatkan badan. Tapi juga merupakan cara mengatasi depresi. Khususnya depresi ringan hingga depresi sedang. Kenapa dipilih pagi? Karena saat itu udara masih cukup segar. Udara belum banyak dikontaminasi asap kendaraan. Olahraga yang  dilakukan tidak harus yang berat. Berjalan kaki di sekitar rumah pun sudah cukup membantu.

Keenam, Sisakan Waktu untuk Berlibur

Memandang sesuatu secara berat dan rumit memang menjadi ciri munculnya depresi. Karena itu cara menghilangkan depresi pikiran seperti di atas adalah dengan lebih sering berjalan-jalan alias berlibur. Dengan berlibur, hati dan pikiran biasanya akan lebih tenang dan bahagia. Tidak heran di setiap libur panjang banyak orang Jakarta yang memilih berlibur ke luar kota. Mereka menuju tempat-tempat yang bisa dijadikan sarana mengurangi kadar stres saat bekerja. Stres yang dibiarkan berlarut akan berubah menjadi depresi yang akut. Hindarilah dengan lebih banyak berlibur.

Ketujuh, Lakukan Meditasi

Hal yang dibutuhkan ketika Anda mengalami depresi adalah mendapatkan ketenangan hati dan jiwa. Salah satu caranya adalah dengan melakukan meditasi. Sejumlah hasil penelitian membuktikan bahwa meditasi dapat mencegah kambuhnya depresi. Kekuatan meditasi ini ibarat Anda mengonsumsi obat antidepresan. Mampu membuat Anda merasa lebih tenang.

Itulah 7 cara menghilangkan depresi pikiran yang dapat Anda praktekkan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *