Jenis Jenis Depresi dari Ringan Hingga Berat
Blog

Jenis Jenis Depresi dari Ringan Hingga Berat, Anda Berada di Tahap Mana?

Jenis Jenis Depresi dari Ringan Hingga Berat, Anda Berada di Tahap Mana? – Stres adalah level rendah dari Depresi. Dimana depresi itu sendiri adalah gangguan suasana hati yang sangat serius. Kondisi depressi ini mempengaruhi bagaimana Anda merasa, berpikir, dan berperilaku dalam jangka panjang. Bahkan bisa membuat seseorang mengalami guncangan jiwa hingga mencoba untuk mengakhiri hidupnya.

Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang jenis jenis depresi. Mulai dari depresi yang ringan hingga berat. Yuk simak berikut ini selengkapnya!

6 Jenis Jenis Depresi

Pertama, Dysthmia

Jenis Jenis Depresi pertama yakni Dysthmia. Dysthmia atau juga persistent depressive disorder adalah bentuk lain dari depresi kronis. Gejala depresi jenis ini cenderung ringan. Meski begitu, gejala yang dialami bertahan setidaknya dua tahun. Banyak orang tak menyadari mengalami kondisi ini karena terbiasa berpikir bahwa perubahan suasana hati yang mereka rasakan merupakan bagian dari “jati dirinya”.

Kedua, Depresi Psikosis

Kondisi ini terjadi ketika seseorang mengalami depresi yang dibarengi waham. Maka selain mengalami perubahan suasana hati secara drastis, pengidapnya juga mungkin kesulitan untuk membedakan mana realita dan ilusi. Misalnya, Anda merasa melihat atau mendengar hal-hal yang orang lain tidak alami.



Ketiga, Seasonal Affective Disorder (SAD)

Jenis jenis depresi selanjutnya adalah SAD. Kondisi ini disebut juga sebagai depresi musiman. Gejala yang Anda alami mungkin hanya akan timbul dalam waktu-waktu tertentu, misalnya ketika musim dingin dan musim panas. Para ahli menyakini bahwa SAD disebabkan karena gangguan pada ritme sirkadian tubuh. Kondisi ini lebih mungkin dialami oleh orang-orang yang tinggal belahan bumi bagian utara atau selatan.

Keempat, Postpartum Depression

Kondisi ini biasanya terjadi setelah melahirkan, tapi jauh lebih serius daripada baby blues. Pasalnya, gejala yang ditimbulkan lebih intens dan berlansung lama. Perasaan sedih dan cemas yang berlebihan setelah melahirkan memengaruhi kemampuan wanita dalam mengurus bayi dan dirinya sendiri.

Kelima, Depresi Klinis

Depresi jenis ini disebut juga dengan major depression atau depresi berat. Orang dengan kondisi ini biasanya mengalami gejala depresi yang konstan dan berlangsung lama, setidaknya sekitar enam bulan. Gejala yang dialami bisa dalam tingkat yang ringan hingga parah. Sering kali kondisi ini bersifat kambuhan. Namun, dalam kasus tertentu, seseorang bisa saja mengalaminya hanya satu kali dalam seumur hidupnya.

Keenam, Gangguan Bipolar

Bipolar disorder adalah gangguan kejiwaan yang ditandai dengan pergantian suasana hati secara ekstrem. periode suasana hati yang meningkat secara abnormal. Kondisi ini dikenal sebagai “mania”. Sebagian besar dari mereka yang menderita penyakit bipolar juga memiliki episode depresi berat. Siklus ini dapat menyebabkan perilaku impulsif, hiperaktif, dan bicara cepat.

Itulah macam macam depresi mulai dari yang ringan hingga berat. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *